Pada kesempatan kali ini guru kelas akan
share tentang kegiatan pengayaan. Siapapun
Anda yang berprofesi sebagai guru baik itu guru kelas maupun guru bidang
studi tentu tidak asing dengan istilah pengayaan. Dan Saya yakin kita semua
para guru pasti sudah pernah melaksanakan kegiatan pengayaan tersebut.
Postingan berikut ini khusus membahas tentang pengertian dan tujuan dari kegiatan pengayaan.
Dari hasil diagnosis kesulitan belajar yang dilakukan
oleh guru akan ditemukan kemungkinan siswa yang lambat dan
cepat dalam menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk siswa yang mengalami
kesulitan belajar (lambat belajar) perlu dilakukan remedialsedangkan untuk siswa (kelompok siswa) yang cepat belajardilakukan kegiatan pengayaan.
Siswa yang cepat menguasai kompetensi dan tugas belajarnya tentu saja
memiliki kelebihan waktu yang perlu dimanfaatkan. Kelebihan waktu yang tidak
dimanfaatkan dengan baik akan menimbulkan hal-hal negatif yang bisa mengganggu
siswa lain yang sedang aktif mengikuti pembelajaran.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengayaanadalah
kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok cepat agar mereka dapat
mengembangkan potensinya secara optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang
dimilikinya. Pengertian tersebut sesuai dengan defenisi yang dikemukakan oleh
Julaiha dan Wardani (2007:9.32). Menurut mereka, kegiatan pengayaan adalah
kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok cepat dalam memanfaatkan
kelebihan waktu yang dimilikinya sehingga mereka memiliki pengetahuan yang
lebih kaya dan keterampilan yang lebih baik.
Dalam pelaksanaannya kegiatan pengayaan dapat
dilakukan di luar jam pelajaran atau bisa juga bersamaan dengan pembelajaran biasa.
Disaat siswa yang lambat sedang mengikuti pelajaran seperti biasa maka siswa
kelompok cepat yang telah menyelesaikan tugas belajarnya dapat diberikan kegiatan pengayaan.
Kegiatan pengayaan dilaksanakan dengan tujuan:
1. Tidak membahas materi pelajaran baru.
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam penguasaan materi.
3. Tercapai tingkat perkembangan siswa yang optimal terkait dengan tugas
belajarnya.
4. Memanfaatkan kelebihan waktu bagi siswa yang cepat untuk hal-hal yang
positif.
5. Agar siswa yang tergolong cepat tidak dirugikan karena harus menunggu
temannya yang lambat belajar.
6. Siswa yang cepat tidak mengganggu siswa yang lambat karena kelebihan waktu.
Itulah pengertian dan beberapa tujuan dari kegiatan pengayaan. Dalam hal ini guru harus pandai merancang dan melaksanakankegiatan pengayaan agar
proses pembelajaran dapat berjalan efektif. Efektif bagi siswa
kelompok cepat dan efektif pula bagi siswa kelompok lambat dalam menyelesaikan
tugas belajar. Semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar